Melanjutkan tulisan saya minggu lalu mengenai Pemasaran dan Promosi. Anda masih ingat istilah 4P?
1.Product (Produk)
2.Price (Harga)
3.Presentation (Pemajangan)
4.Promotion (Promosi)
Kali ini saya akan bahas mengenai promosi. Banyak orang bisa membuka bisnis ritel, tapi setelah membuka mereka tidak melakukan apa-apa. Mereka hanya menggantungkan kepada keadaan yang terjadi. Misalkan tokonya ramai ya syukur, kalau tokonya sepi ya sudah sepi mau diapakan lagi. Sebenarnya sudah menjadi keharusan untuk peritel, kalau mereka sudah membuka usahanya ya harus melakukan promosi. Meskipun tokonya sudah ramai, saya tetap menyarankan untuk melakukan promosi. Apalagi tokonya sepi.
Ada beberapa hal yang akan dibahas mengenai promosi:
1. Apa tujuan melakukan promosi?
2. Bagaimana proses promosi dilakukan?
3. Apa dan bagaimana material promosi dipasang?
4. Bagaimana mengukur keberhasilan atau efektifitas dari promosi yang dilakukan?
Tujuan Promosi?
1. Konsep utama dari industri retail adalah volume penjualan, artinya margin secara persentase boleh lebih kecil, namun dengan volume yang besar. Margin rupiah akan besar pula.
2. Retailer melakukan kegiatan promosi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan secara langsung
3. Selain itu promosi juga merupakan alat untuk menciptakan image tertentu di benak konsumen
4.Secara “common” aktivitas yang dibuat bertujuan agar customer bersedia untuk membeli lebih banyak, atau mengarahkan customer untuk membeli produk tertentu.
Umumnya tujuan promosi didekatkan dengan kebiasaan dari konsumen melalui:
1.Promosi cognitive pikiran, yaitu mengubah pikiran konsumen melalui kegiatan promosi yang dibuat dengan memberikan informasi bagi konsumen, yang mempunyai suatu fasilitas yang dapat digunakan dengan penawaran khusus. Tujuan nya untuk menarik konsumen yang potensial.
2.Promosi affective emosional, yaitu promosi yang membuat perasaan dan kebiasaan konsumen berubah. Ini dibuat kegiatan yang merangsang emosional konsumen. Tujuannya untuk menjaga konsumen loyal.
3.Promosi Conative motif yaitu kegiatan promosi yang dibuat untuk merangsang atau memotivasi konsumen untuk membeli. Tujuan nya untuk meningkatkan meningkatkan customer traffic dan sales
Element Promosi
1. Advertising. Model non-personal komunikasi yang dilakukan di luar toko tetapi melalui media massa yang dapat dilakukan melalui dukungan sponsor
2. Publicity. Model non-personal komunikasi yang dilakukan melalui media massa, di mana waktu dan tempat yang disediakan tidak perlu dibayar dan tidak ada dukungan sponsor secara komersil
3. Personal selling. Komunikasi secara langsung kepada konsumen dengan tujuan terjadinya transaksi penjualan
4. Sales Promotion. Kgiatan marketing untuk dapat secara langsung meningkatkan penjualan melalui kegiatan consumer stimulate (display, contests, coupon dsb)
Keuntungan Promosi
– Seringkali menjadikan konsumen “lapar mata”
– Adanya tema dan alat promosi sangat menyenangkan atmosphere store
– Konsumen dapat menerima sesuatu value seperti; coupons, harga atau calendar (gimmick)
– Dapat membantu meningkatkan traffic bagi loyalitas konsumen
– Pembelian produk impulse dapat meningkat
– Konsumen dapat sesuatu yang menyenangkan. ***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar